Android, Mobile Platform dengan Perkembangan Tercepat Sepanjang Sejarah

  
Android disebut-sebut sebagai mobile platform dengan perkembangan tercepat sepanjang sejarah dunia. Hari ini, kabar itu bisa dibuktikan dengan fakta. Dalam 12 bulan terakhir, sistem operasi mobile besutan Google itu memang mencatat pertumbuhan fantastis, 861 persen.
Selain itu, kini terdapat lebih dari 250.000 aplikasi yang tersedia di dalam Android Market. Dan, terdapat jutaan perangkat Android yang beredar di dunia sekarang ini.
Di tahun 2009, Google Android Market membukukan pendapatan US$11 juta (setara Rp97 miliar). Setahun kemudian, pendapatan itu melonjak menjadi US$102 juta (setara Rp902 miliar).

Meskipun pertumbuhannya cukup eksponensial, realitanya Apple App Store masih mendominasi dunia aplikasi mobile. Platform Apple itu menguasai 82,7 persen pangsa penjualan aplikasi mobile. © kaskus-lover.blogspot.com
Artinya, Apple App Store meraup US$1,78 miliar (setara Rp15,7 triliun) di tahun 2010, dibandingkan Android Market hanya sekitar US$102 juta atau 4,7 persen pangsa penjualan.

Akan tetapi, jika dirunut dari tahun 2009, pangsa Apple App Store terus tergerus sejak kedatangan Android. Di tahun 2009, kios aplikasi untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch itu memiliki 92,8 persen pangsa pasar. Kini, pangsanya turun sejak kedatangan Android juga Nokia Ovi Store dan BlackBerry App World.


Artikel Terkait: