NASA Siap Kirim Manusia ke Mars

http://i.okezone.com/content/2011/01/20/56/415981/0Xl466fGkA.jpg
 Sejarah peradaban manusia akan memasuki babak baru setelah NASA mengirim manusia ke planet Mars.

Langkah ini jelas menjadi loncatan setelah sebelumnya hampir 4 dekade lamanya NASA hanya mengirim robot ke Planet Merah tersebut.

"Kami akan memulai beralih, dari hanya meneliti air kini meningkat mencari bukti kehidupan di Mars," terang Doug McCuistion, Director of the Mars Exploration Program NASA, seperti dilansir MSN BC, Kamis (20/1/2011).

Langkah ini sendiri dilakukan setelah para peneliti itu menemukan bukti perubahan bahwa Mars tersebut memiliki banyak banyak air, seperti Bumi sekarang. Masa itu berganti dengan Masa Gunung Berapi sebelum jadi dingin dan kering seperti sekarang.

"Belum diketahui perubahan itu karena apa. Jika Mars seperti Bumi tentu saja kita bertanya mengenai kehidupan disana," terang peneliti Brown University, John Mustard.

Namun demikian belum diketahui kapan realisasi pengiriman manusia pertama ke Mars akan dilakukan. Untuk memulainya badan antariksa Amerika Serikat itu akan melakukan misi lanjutan yang baru dengan menggunakan robot penjelajah baru, Curiousity.

NASA mengatakan ukurannya setara sedan kecil dan mampu membawa banyak barang termasuk bahan kimia laboratorium.

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA memulai misi ke Mars pada 1971 dengan nama Mariner 9. Beberapa pesawat ulang alik menemukan bekas air dan sungai purba. Terdapat empat sungai purba yang jadi kandidat tempat pendaratan Curiousity.



Artikel Terkait: