42 Juta Orang Indonesia Gunakan Internet untuk Hiburan

http://image.tempointeraktif.com/?id=78309&width=274
Sebanyak 60 juta pengguna Internet di Indonesia ternyata lebih banyak menggunakan layanan di dunia maya untuk sekedar bersenang-senang.

"Sekitar 70 persennya (42 juta pengguna Internet) menggunakan Internet untuk hiburan," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Selasa 7 Juni 2011.

Jenis layanan hiburan yang banyak digunakan antara lain jejaring sosial Facebook, Twitter, chatting, dan video streaming. "(Hiburan) itu memang penting, tapi lebih penting lagi jika digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif," katanya.

Contohnya, lanjut Hatta, seperti e-goverment, e-procurement, kegiatan sosial, manajemen bencana, e-health, dan e-voting. Dia menjelaskan, pemerintah sudah mencanangkan program Teknologi Informasi dalam master plan pembangunan sampai dengan tahun 2014.

Menurut perhitungan Bank Dunia, kata Hatta, setiap pertumbuhan satu persen layanan Internet pita lebar atau broadband akan meningkatkan pendapatan bersih nasional (Gross Domestic Product/GDP) sebesar 1,38 persen. Sementara sampai dengan kuartal pertama tahun ini penetrasi broadband di Tanah Air baru 3 sampai 4 persen. Padahal, di negara lain sudah mencapai 40 sampai 60 persen.




Artikel Terkait: