Kamera Jadul Termahal di Dunia Rp 16 Miliar

Kamera Jadul Termahal di Dunia Rp 16 Miliar

Ini dia kamera termahal di dunia. Bayangkan, saat dijual harganya mencapai belasan miliar! Apa keistimewaannya?

Kamera Leica seri O, demikian kamera ini, adalah kamera jadul yang dibuat tahun 1923. Seorang kolektor barang antik dari Asia, rela mengeluarkan kocek 1,15 juta poundsterling (Rp 16 miliar) demi memilikinya.

Soal kemampuan, jangan remehkan. Galeri Vienna's WestLicht yang mengatur lelang kamera ini, menjamin Leica yang dibeli si kolektor masih berfungsi dengan baik. Juru bicara galeri juga menyebutkan, lelang kamera ini memang sengaja dilakukan untuk memecahkan rekor dunia.
sumber: http://kaskus-lover.blogspot.com
kamera ini adalah salah satu dari 25 prototipe yang dibuat pada 1923, yakni dua tahun sebelum Leica, yang merupakan merek Jerman, memasuki pasar kamera.

Sebelum dilelang, kamera jadul ini ditaksir memiliki harga 273 ribu poundstreling (sekitar Rp 3,8 miliar). "Ini adalah satu-satunya kamera dengan ukiran khas Jerman pada bagian atasnya," kata juru bicara galeri.

Catatan pabrik tempat kamera tersebut diproduksi menunjukkan Leica itu pernah dikirim ke New York, Amerika Serikat untuk pengajuan paten. Artinya, kamera ini tak hanya salah satu benda langka besar yang masih ada, tapi juga merupakan Leica pertama yang diekspor.
 
 


Artikel Terkait: