5 Green School Terbaik Didunia



Latar Belakang

14 Bangunan mulai dari sekolah dasar sederhana di Kamboja sampai universitas teknologi tinggi di Swedia, tidak hanya menyediakan lingkungan belajar bagi siswa,mereka juga contoh menakjubkan dari keberlanjutan dalam arsitektur yang dapat mengajarkan desainer di seluruh dunia untuk berpikir hijau dan indah. Atap hijau, pencahayaan, daya terbarukan, nuansa matahari dan bahan lokal mendapatkan tanda struktur tinggi dalam sensitivitas lingkungan dan standar sekolah.
 
1. Manassas Park Elementary School, Virginia

Manassas Park Elementary School diklaim oleh American Institute of Architects (AIA) sebagai salah satu sekolah Amerika ramah lingkungan, di Manassas. Virginia dibangun untuk menyembuhkan sifat ”deficit disorder" di kalangan anak sekolah. Dibangun oleh Arsitektur perusahaan VMDO, bangunan 140.000 meter persegi ini dilengkapi dengan ekosistem sekitarnya, sehingga memberikan pemandangan taman yang indah serta sejumlah ruang belajar outdoor.

Sekolah yang memiliki statusnya LEED dari US Green Building Council, memiliki 79.000 Bak penampungan air hujan, sistem pencahayaan, panas bumi dan sistem prediksi cuaca yang otomatis. Sebuah filsafat pendidikan yang tidak biasa memungkinkan siswa untuk berpindah antara kamar tanpa pengawasan, sistim belajar di halaman dan ruangan yang dilengkapi dengan sofa.
 
 

2.Green School, Bali, Indonesia

Indonesia yang masuk dalam jajaran Negara paling berpolusi no 3 sedunia, setidaknya boleh berbangga hati. Di tengah – tengah mirisnya pendidikan di negeri ini, sebuah inovasi baru di bidang pendidikan Indonesia hadir di Bali, jantung pariwisata negeri kita. Green School – Kul- Kul Campus. Yang terletak di desa Sibang Kaja, 30 km daei pusat kota Denpasar. Sebuah sekolah unik yang digagas oleh John Hardy, seorang desainer dan pengusaha jewelry yang sukses. Sekolah unik nan ajaib ini merupakan satu – satu-nya sekolah di dunia yang bangunannya terbuat dari batang bambu yang ramah lingkungan.

Pendingin udaranya tidak lagi memakai Ac, melainkan kincir angin melalui terowongan bawah tanah. Tenaga listiknya menggunakan bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan untuk menyalakan kompor. Tambak udang tempat budidaya, sekaligus peternakan sapi. Ditambah lagi arena olahraga, laboratorium, perpustakaan, dll.

Harganya?? jangan ditanya. Orang tua yang mampu menyiapkan uang untuk registrasi $ 500, Uang bangunan tahunan $ 950 dan buat grade I-VI uang sekolahnya setahun $ 7.950 adalah syarat untuk menyekolahkan anaknya di Green School Bali, tidaklah heran bila murid – muridnya sendiri lebih banyak terdiri dari kaum ekspatriat dan orang asing. Meski begitu, Green School menyediakan beasiswa pendidikan, maklum Sekolah ini baru berdiri 2 bulan lalu.
 
3. Sidwell Friends Middle School, Washington D.C.

Dihadiri oleh Malia putri Presiden Obama, Sidwell Friends Middle School di Washington DC tidak diragukan lagi memang eksklusif, dan itu bukan hanya standar pendidikan yang tinggi. Gedung sekolah yang megah dan lingkungan yang bersahabat yang membuat Sidwell Friend Middle School menjadi salah satu sekolah terhijau di Amerika, dengan constructed wetland, hemat air lansekap, panel fotovoltaik dan desain khusus.

Bangunan ini dibangun dengan bahan lokal dan regional serta bahan daur ulang dan Forest Stewardship Council-kayu yang bersertifikasi. Banyak ventilasi alami, atap hijau yang mampu menghilangkan polutan dari air hujan dan menyediakan ekosistem mini untuk satwa liar. Sekolah ini mencatat Rekor AIA dari sepuluh proyek hijau dan menerima rating LEED Platinum
 
4. Martinet Primary School, Barcelona, Spanyol

Martinet Primary School,Sekolah ini dibangun menyerupai sarang lebah, dengan ubin warna-warni inset untuk kepentingan visual. Lubang-lubang kecil bertindak sebagai tabir surya, menjaga sinar matahari yang sewaktu-waktu memanas, gedung ini juga menyediakan ventilasi alami. Ubin ditetapkan pada sudut yang tepat untuk satu sama lain dan barat-menghadap sisi yang berkaca-kaca dalam tiga nuansa warna hijau sementara yang menghadap ke timur yang dicat dengan warna musim gugur.
 
5. Hawaii Preparatory Academy, Hawaii

Pada Academy Preparatory Hawaii, struktur yang disebut Energy Lab bukan hanya hijau - ini Bangunan Hidup bersertifikat. Selain untuk mencapai LEED Platinum. Hebatnya, bangunanya yang standar sangat tinggi seperti hanya menggunakan baja atau beton dari 1.000 mil jauhnya dan kayu dari 3.000 mil jauhnya dipenuhi oleh pembangunan.

Meskipun faktanya bahwa sekolah ini terletak di tengah lautan! Yang berukuran 6.112 meter persegi, Namun memiliki fasilitas Lab Energi dan area kelas indoor dan outdoor, ruang konferensi dan proyek dan penuh dengan lokakarya pada lahan 216 hektar.
 


Artikel Terkait: