5 Hal Yang Patut Dibanggakan Oleh Masyarakat Indonesia

1.Keindahan Alam Yang Luar Biasa



Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya serta memiliki keindahan alam yang luarbiasa.Salah satunya ialah Pulau Komodo.Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.




Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.




Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata di yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong. 

2.Budaya Yang Terkenal Hingga Luar Negeri



Indonesia, negeri kaya akan beragam budayanya. Disetiap daerah, masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda yang ditampilkan dari budayanya.
Salah satunya yaitu alat musik. Aalat musik yang ada disetiap daerah tentu saja berbeda-beda, tiap alat musik merepresentasikan daerah dari meraka berasal. Salah satu contoh dari alat musik daerah yang terkenal hingga ke luar negeri yaitu angklung.
Alat musik angklung akan dikukuhkan menjadi warisan budaya dunia tak benda atau “World Intangible Heritage” oleh UNESCO pada 2010.



“Indonesia mengajukan angklung untuk menjadi warisan dunia ke UNESCO sejak setahun lalu dan rencananya akan disidangkan oleh lembaga dunia itu pada pertengahan 2010,” kata Direktur Operasional ’Saung Angklung Udjo’ Satria Yanuar Akbar di Bandung, Senin.

Ia berharap pada November 2010, angklung akan dikukuhkan menjadi “World Intangible Heritage” oleh UNESCO sekaligus mentasbihkan angklung sebagai “real” Indonesia.

Saung Angklung Udjo sendiri, katanya, memberikan dukungan penuh atas ajuan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

“Dengan pengakuan itu, saya optimistis angklung akan lebih berkembang karena opini masyarakat semakin kuat. Masyarakat Indonesia harus bangga karena angklung menjadi warisan budaya dunia,” katanya.

Dengan pengakuan UNESCO terhadap angklung sebagai warisan budaya dunia tak benda, maka tidak akan ada lagi negara lain yang mendaku (klaim) angklung.

Sebelumnya, angklung juga diramaikan telah diklaim oleh Malaysia sebagai alat musik asli negara itu.

Selain adanya pengamanan dan pengakuan angklung sebagai warisan budaya dunia, juga akan berdampak secara ekonomis. Para perajin angklung akan diuntungkan dengan mendapatkan banyak pesanan angklung dari dalam dan luar negeri.

“Pesanan angklung saat ini berasal dari beberapa negara di dunia, baik Asia, Eropa, maupun Amerika. Saung Angklung Udjo juga memiliki jadwal rutin pentas di luar negeri, sekaligus memperkenalkan angklung sebagai seni budaya yang bisa mendunia,” katanya.

Dengan demikian, menurut Satrya, angklung diharapkan menyusul batik yang telah dikukuhkan UNESCO menjadi warisan dunia pada 2009.  

3.Mempunyai Beragam Hewan Yang Unik



Indonesia memiliki berbagai macam hewan - hewan unik salah satunya ialah Tarsius Kerdil .Tarsius adalah monyet terkecil di dunia, ditemukan di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah, oleh Sharon Gursky-Doyen dari antropologi Texas A&M University, AS. Sebelumnya tarsius kerdil ini terlihat 80 tahun sebelumnya, dan baru terlihat 4 kali. Sayangnya monyet langka ini meninggal saat tak sengaja tertangkap dalam jerat tikus yang dipasang.

 

4.Memiliki Suku Yang Unik



Indonesia adalah negara yang memiliki beragam hal - hal unik , salah satunya yang ini ,suku yang punya tradisi menyumbat hidung wanitanya .




Mungkin terdengar seram jika dikatakan, bahwa ada orang yang menutup/menyumbat lubang hidungnya sendiri. Namun, ini ialah hal yang nyata dan benar terjadi, salah satu suku di Indian, telah melakukannya sesuai dengan ketentuan tradisi yang ada.Salah satu dari sekian banyak suku di Indian adalah kelompok Apatani. Terletak pada dataran tinggi Apatani Indian, Apatani atau Tani, ialah kelompok suku yang memiliki sekitar 60 ribu anggota. Sering dipuji, karena pertanian mereka sangat efisien, dilakukan tanpa binatang atau mesin.Mereka tidak memiliki catatan tertulis tentang sejarahnya, dan tradisi yang diwariskan secara lisan, dari generasi ke generasi. Yang unik dari suku Apatani ini, yaitu tradisi untuk menutup/menyumbat lubang hidung bagi para wanitanya, dan ini sangat terkenal dan sudah berlaku sejak jaman dahulu kala.Tradisi yang cepat memudar di dalam kabut waktu, menyumbat hidung tradisional Apatani ini, dipakai oleh sebagian besar wanita tua pada suku tersebut. Ada sekali waktu, ketika setiap wanita harus memakai aksesoris yang aneh lainnya, tapi sejak pertengahan abad ke-20, kebiasaan itu pun perlahan mati.Menurut Apatani, steker (penutup/penyumbat) hidung itu terlahir, sebagai cara untuk melindungi wanita-wanita suku itu. Rupanya, perempuan Apatani selalu dianggap paling indah di antara suku-suku Arunachal, desa mereka terus-menerus diserbu oleh suku-suku tetangga, dan para wanita itu pun lantas diculik.Untuk membuat diri mereka tidak menarik bagi suku-suku lainnya, maka wanita Apatani mulai mengenakan hidung yang disumbat yang mengerikan ini, dan mentato wajah mereka dengan garis horizontal, dari dahi hingga ke ujung hidung, serta lima garis di dagu mereka.Namun, karena perkembangan jaman, dan semua sudah serba modern, para wanita Apatani yang lahir sejak tahun 1970, sudah tidak mau lagi meneruskan tradisi mengerikan seperti itu lagi. 

5.Memiliki Komunitas Terbesar Di Indonesia



Kaskus adalah situs forum internet Indonesia yang mengklaim dirinya sebagai komunitas online terbesar Indonesia. Ini peringkat sebagai situs paling populer di Indonesia 7,peringkat dunia ke 236 dan merupakan salah satu dari dua situs lokal di atas 10 (detik..com peringkat 9).Ini didirikan pada tanggal 6 November 1999, oleh tiga mahasiswa Indonesia (Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan) di Amerika Serikat. Sebagai April 22, 2010, Kaskus memiliki lebih dari 1.620.000 rekening yang terdaftar. Pada bulan Agustus 2005 dan September 2006, PC Magazine Indonesia terpilih sebagai The Kaskus masyarakat Indonesia Terbaik dua kali (2005 & 2006).Registrasi diperlukan untuk pengguna baru untuk berpartisipasi dalam masyarakat, dan setiap anggota terdaftar memiliki hak untuk mengakses lebih dari dua puluh sub-forum di berbagai mata pelajaran. Masyarakat berjalan pada perangkat lunak forum vBulletin.Pada tanggal 23 Mei 2006, domain internet telah berubah dari. Com menjadi .Us




Artikel Terkait: