Pengaruh Bulan Purnama Pada Alam

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEIG_w1xCUM5W2MDaZrXaHcD0E3bfScsENQxS8tGIKRjyCo5m3MrSYZPH9vETNy_h8c_fPc6i9fyUjSn1hsAlmsOdBHkgSNyQt4SmQ5q7J0Wv2UbcFSBm5XheeUOCwlEqGYS8IxzCSNjc/s1600/purnama1.jpg

Pengaruh bulan purnama pada biologis dan kehidupan organisme, termasuk manusia, sungguh sangat aneh. Dan rentang pengaruh bulan purnama memang sangat luar biasa. Sungguh menakjubkan ketika kita sadari pengaruh bulan purnama pada kita dan pada makhluk hidup lainnya, yang sebelumnya tidak disadari.


Ada yang mengatakan bahwa saat ini pengaruh bulan purnama tidak lagi sebesar zaman dahulu, ini disebabkan karena pada zaman sekarang walau masih terpengaruh oleh daya tarik bulan, dan walau di malam hari, pencahayaan di beberapa kawasan tetap terang benderang, ini di luar pengaruh gravitasi, namun tentu berbeda dengan di alam terbuka, hutan, lautan dan sebagainya yang belum terjangkau oleh penerangan listrik. Di zaman dahulu, saat bulan purnama merupakan saat yang istimewa, karena tidak seperti di hari-hari lain, begitu hari mulai gelap semuanya menghentikan aktivitas dan mulai tidur, tentu saja kecuali binatang malam. Sedangkan di saat purnama mereka terus berjaga dan terus beraktivitas sacara berlebihan karena hari tetap terang. Aktivitas berlebihan inilah yang diduga menjadi pemicu perubahan perangai.

Tidak semua setuju dengan hipotesa di atas, mereka mengumpulkan bukti-bukti yang bisa dipertanggung-jawabkan, dan berikut ini adalah daftar pengaruh bulan purnama yang terjadi baik ada pengaruh cahaya lampu maupun dengan penerangan alami.
 
 


Artikel Terkait: