Ucapkan selamat ulang tahun kepada Gerakan Pramuka


Selamat Ulang tahun ke 50 Gerakan Pramuka.
SATU PRAMUKA UNTUK SATU INDONESIA, JAYALAH INDONESIA
.



Apa itu Gerakan Pramuka ?
adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Rakyat Muda yang Suka Berkarya.

Mengapa Gerakan Pramuka?
Karena organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi Kepanduan di Indonesia yang diakui negara melalui Undang-Undang Gerakan Pramuka.

Kenapa gerakan Pramuka ?
saya aka berilustrasi sedikit...
Adik-adik kita, pemuda bangssa ini, merupakan generasi penerus bangsa yang harus dipersiapkan watak, mental serta patriotismenya.

Dalam kesehariannya, dirumah mereka dipantau oleh orang tuanya, kemudian mereka bersekolah, dan disana mereka di didik oleh guru nya. sepulang sekolah mereka kembali ke orang tuanya,.
nah tentunya cerita tidak sampai disitu, mereka pasti bermain dan bersosialisasi dalam lingkungganya. Nah disini lah gerakan pramuka berperan, mereka bermain di alam terbuka dengan pandu oleh pembina nya namun bermain yang mengandung unsur pendidikan, yang lebih diarahkan kepada pembinaan watak,mental serta karakter.

KEPRAMUKAAN
adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

Selanjutnya saya tidak perlu berpanjang lebar, karena sudah banyak literatur dan referensi tentang Gerakan Pramuka,Pramuka,Kepramukaan.

sudah setengah abad organisasi ini berdiri yang merupakan gabungan dari seluruh organisasi kepanduan di Indonesia. Sudah setengah abad juga organisasi ini memberikan andilnya bagi pembentukan karakter bangsa. Setengah abad juga usaha dan upaya mempersatukan Indonesia melalui organisasi ini.


dan tentunya, dengan moment ulang tahun emas ini semoga Gerakan Pramuka dapat terus meningkatkan eksistensinya dan memberikan kontribusi yang lebih lagi bagi masyarakat.


Bagi orang dewasa Gerakan Pramuka sebagai ALAT pengabdian, bagi orang muda sebagai ALAT permainan, dan bagi negara ini sebagai ALAT pemersatu bangsa.


akhirnya ...




SELAMAT ULANG TAHUN EMAS GERAKAN PRAMUKA
"SATU PRAMUKA UNTUK SATU INDONESIA,JAYALAH INDONESIA"




Artikel Terkait: