Makhluk - Makhluk Fantasy/Mitos



          Menurut tradisi Physiologus dan abad pertengahan bestiaries , aspidochelone adalah mahluk laut dongeng, berbagai digambarkan sebagai ikan paus Besar atau kura-kura laut , yaitu sebagai sebuah pulau besar. Ia naik ke permukaan dari kekedalaman laut, dan membujuk pelaut tanpa disadari untuk berlabuh di badan pulaunya.


Ini macam - macam makhluk fantasy/mitosnya :



         Menurut Historia Naturalis dari Pliny the Elder, basilisk dari Kirene adalah ular kecil, "yang panjangnya tidak lebih dari dua belas jari," yang juga sangat berbisa yang teletak pada ekornya, dan pandangannya sangat menyeramkan, kelemahannya adalah bau dari musang , yang dilemparkan ke lubang basilisk, dikenali karena semua semak dan rumput sekitarnya telah hangus oleh kehadirannya, menurut Pliny.


           Chimera atau Chimaera ( bahasa Yunani : Χίμαιρα, Khimaira, dari χίμαρος, khimaros, "dia-kambing"), menurut mitologi Yunani , seorang Monster wanita bernapaskan api dari Lycia di Asia, yang terdiri dari beberap bagian-bagian hewan: tubuh bagian atas seorang singa betina dengan ekor yang kepala ular, kepala kambing muncul di bagian punggung pada pusat tulang punggungnya. Chimera adalah salah satu dari keturunan Typhon dan Echidna dan saudara monster seperti Cerberus dan Hydra Lernaean

           Naga adalah sebutan umum untuk makhluk mitologi yang berwujud reptil berukuran raksasa. Makhluk ini muncul dalam berbagai kebudayaan. Pada umumnya berwujud seekor ular besar, namun ada pula yang menggambarkannya sebagai kadal bersayap.

          Elf adalah makhluk dari mitologi Jerman. Elf pada awalnya dianggap sebagai suatu ras ilahi atau makhluk semi-ilahi (wights, vættir) diberkahi dengan kekuatan magis, yang digunakan untuk kebaikan dan keburukan umat manusia. Dalam mitologi Nordik abad pertengahan, mereka tampaknya telah dibagi menjadi elfterang dan elf gelap, sulit untuk melukiskan dari (dewa) Æsir di satu sisi dan dvergar (Kurcaci) di sisi lain.

            Peri adalah adalah istilah yang sering digunakan pada cerita rakyat, dongeng, fiksi untuk menggambarkan mahluk yang memiliki kekuatan gaib yang kadang kala turut campur dalam urusan-urusan manusia. Di Indonesia istilah peri sering digunakan dalam penerjemahan tokoh yang menggambarkan elf atau fairy (istilah dalam bahasa Inggris) dalam cerita fiksi maupun dongeng-dongeng dari Eropa. Pada kisah fiksi modern karakter Peri sering dipinjam dari versi aslinya dan digunakan dalam kisah fiksi fantasi masa kini dengan berbagai variasi penggambaran tergantung oleh penulis atau penciptanya.

         Griffin (Yunani: gryphos ; Persia: شیردال; shirdal : “singa-rajawali” ) (disebut juga Gryphon) adalah bangsa makhluk legendaris bertubuh singa sedangkan bersayap dan berkepala rajawali. Selayaknya singa sebagai “Raja hewan buas” dan burung rajawali sebagai “Raja di udara”, menjadikan Griffin sebagai hewan yang paling berkuasa atas kedua hal tersebut atau bergelar sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”.

            Hobgoblin, Goblin, Troll adalah sejenis makhluk supernatural yang muncul dalam dongeng-dongeng dan kisah-kisah fiksi fantasi. Mereka memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau.
Dalam cerita rakyat Eropa, Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing. Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.

          Imp adalah sebuah makluk mitologi yang serupa dengan peri atau setan, sering digambarkan dalam cerita rakyat dan takhayul. Kata ini mungkin bisa berasal dari istilah ympe, digunakan untuk menunjukkan pohon dicangkokkan muda.

         Jack in the green. Sebuah karakter legenda dari dunia folklore, kisah jack dalam Green, atau Green Man, kebanyakan muncul dengan ukiran gereja pada Abad Pertengahan.

           Leviathan (Ibrani: לִוְיָתָן (Livyatan/Liwyāṯān) - melingkar/melilit) adalah monster yang disebut dalam Perjanjian Lama Alkitab (Mazmur 74:13-14; Ayub 41; Yesaya 27:1). Kata lewiatan menjadi sinonim dengan mahluk atau monster laut. Pada buku novel Moby-Dick, lewiatan merujuk pada paus besar, dan pada bahasa Ibrani Modern, lewiatan berarti "paus".Dan juga dalam beberapa mitologi leviathan dikenal sebagai dewa lautan dalam mitologi jepang.Atau canaanite.Menurut beberapa sumber leviathan adalah ular raksasa jahat berkepala tujuh.

           Menurut legenda, putri duyung adalah makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan ekor menyerupai ikan. Ikan duyung hidup di dasar laut dan dikatakan merupakan seorang putri yang telah dikutuk sebagian anggota badannya dari pinggang hingga ke kaki menjadi ikan.

           Nightmare menyerupai seekor kuda hitam besar, dengan api menyelubungi kuku dan jejak dari lubang hidungnya. Nightmare adalah setan yang netral. Ia dapat melakukan perjalanan ke suatu dimensi lainnya, dan dapat membawa beserta penunggangnya. Nightmare kadang-kadang melayani makhluk jahat kuat seperti mounts.

          Orc adalah makhluk legendaris yang muncul dalam cerita-cerita rakyat dan kisah-kisah fiksi fantasi sebagai makhluk buas dengan postur tubuh menyerupai manusia, kadang-kadang seperti raksasa, kulitnya biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang, sifatnya garang dan buas.

           Phoenix (Phœnix) dalam mitologi Mesir adalah burung legendaris yang keramat. Burung Api ini digambarkan memiliki bulu yang sangat indah berwarna merah dan keemasan.
Phoenix dikatakan dapat hidup selama 500 atau 1461 tahun. Setelah hidup selama itu, Phoenix membakar dirinya sendiri. Setelah itu, dari abunya, munculah burung Phoenix muda. Siklus hidup burung Phoenix seperti itu (regenerasi), bangkit kembali setelah mati, lalu muncul sebagai sosok yang baru.
Phoenix merupakan simbol dari keabadian, lambang dari siklus kehidupan setelah mati, dan simbol dari kebangkitan tubuh setelah mati.
Phoenix menjadi simbol suci pemujaan terhadap Dewa matahari di Heliopolis, Mesir. Burung Phoenix simbol dari "Dewa Matahari - Ra".

        Questing beast, atau Glatisant Beast (Barking Beast), adalah rakasa dari legenda Arthur. merupakan subjek pencarian yang dilakukan oleh ksatria terkenal seperti Raja Pellinore, Sir Palamedes, dan Sir Percival.

       Seekor ROC atau Rukh (dari bahasa Arab dan Persia Rokh رخ, ditegaskan oleh Louis Charles Casartelli menjadi bentuk singkatan dari Simurgh Persia) adalah burung legendaris yang sangat besar , biasanya berwarna putih.

          Dalam mitologi Yunani, Satir (bahasa Yunani:Σάτυροι — Sátyroi) adalah makhluk penghuni hutan-hutan dan pegunungan, dan memiliki hubungan yang dekat dengan Dewa Pan dan Dionisos dalam mitologi Yunani. Biasanya mereka berjenis kelamin pria.

       Trees memiliki akar yang kuat dalam mitologi dan cerita rakyat. Dari cerita tentang pohon yang berbicara tampaknya ditemukan oleh Marco polo untuk intersepsi terkenal Tolkien, tress sering ditemukan di karya fantasy art dan tulisan sastra.

          Unicorn adalah makhluk dalam legenda yang wujudnya merupakan kuda, dengan sebuah tanduk di dahinya (kata “cornus” dalam bahasa Latin dihubungkan dengan kata “horn” yang berarti tanduk). Biasanya bulu Unicorn berwarna putih dan tanduknya berbentuk spiral. Darah Unicorn merupakan obat yang mujarab dan mampu membuat hidup abadi.

            Manusia serigala, likantrof, atau likan adalah sebuah mitos dari Eropa kuno berupa makhluk monster setengah manusia setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba, yang mana kekuatan mistiknya mencapai puncaknya. Dalam mitologi tersebut, manusia serigala senantiasa akan memburu manusia dan barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan peluru perak.

           Xana adalah karakter dalam mitologi Asturian ditemukan. Biasanya selalu berwujud perempuan, dia adalah peri nimfa keindahan yang luar biasa diyakini hidup di air mancur, sungai, air terjun atau kawasan hutan dengan air yang murni. Dia biasanya digambarkan sebagai wanita bertubuh kecil atau ramping dengan rambut cokelat panjang pirang atau cahaya (paling sering keriting)
      
          Yeti atau Manusia Salju yang Menakutkan adalah sejenis primata besar yang menyerupai manusia yang menghuni wilayah pegunungan Himalaya di Nepal dan Tibet. Nama Yeti dan Meh-Teh umummnya digunakan secara luas oleh masyarakat di wilayah tersebut, dan dianggap sebagai kisah sejarah dan mitos yang masih misterius. Orang-orang Nepal juga menyebutnya Bonmanche yang berarti "manusia liar" atau "Kanchanjunga rachyyas" yang berarti "Iblis Kanchanjunga."

        Nessy, berasal dari danau Ness di Inggris. Ada yang bilang ini seekor dino saurus dari zaman prasejarah. Hewan ini terlihat pada perang dunia ke-2

         Bahamut, Dragon Platinum, adalah Raja Naga yang baik. Dia adalah dewa dragonkind baik dan anggota default jajaran dewa D & D. Rekannya di Dragonlance adalah Paladine (meskipun banyak hal kedua sebagai makhluk yang terpisah). Bahamut adalah anak dewa naga Io. Dia juga disebut sebagai Tuhan Naga atau Tuhan dari Angin Utara. Dalam pengaturan kampanye banyak, jajaran drakonik dewa terdiri dari Io pemimpin, dan anak-anaknya Aasterinian, Bahamut, Chronepsis, Faluzure, dan Tiamat. Dewa drakonik lain mungkin hadir dalam setelan kampanye yang berbeda. Sebagai contoh, Alam Lupa drakonik dewa juga mencakup Astilabor, Garyx, Hlal, Lendys, dan Tamara (antara lain); lima dewa telah memperluas pengaruh mereka menjadi dihormati di banyak pengaturan kampanye lainnya juga.Bahamut wilayah itu, Istana bahamut itu, dikatakan ada "di luar Angin Timur." Hal ini diketahui paling bijak apakah ini artinya adalah suatu tempat di Pesawat Elemental Air atau di suatu tempat antara bahwa pesawat dan Tujuh Surga atau Tri-surga, tetapi sebenarnya hal itu dapat ditemukan bepergian dalam angin badai antara empat lapisan pertama Gunung Celestia. Ini adalah benteng, berkilauan menakjubkan dengan jendela yang terbuat dari permata diatur dalam perak dan emas, dinding dari tembaga hias dan gading, dan lantai mithral dipukuli. Ketika mereka tidak bepergian dengan tuan mereka, tujuh bahamut yang wyrms emas hebat cenderung ke istana dan harta nya.Dalam istana terbuka, portal unkeyed menyebabkan keempat dari empat lapisan pertama pesawat serta Plane Elemental Air dan Pesawat Astral. Ada empat gerbang terdekat menuju ke masing-masing dari keempat penjuru bumi, masing-masing dijaga oleh seorang archon sipir. Penjaga gerbang ke Angin Utara Yonel, penjaga gerbang ke Angin Selatan adalah Kerkhoutha, penjaga gerbang ke Angin Barat Moriel, dan penjaga gerbang ke Angin Timur adalah Ruhiel.Istana Bahamut adalah cara pintas hanya diketahui lapisan atas gunung langit, meskipun ia dan hamba-hambanya hanya mengizinkan orang-orang yang layak untuk melewati.Bahamut sangat keras dan mencela kejahatan. Dia menerima ada alasan untuk perbuatan busuk. Di sisi lain, ia sangat berbelas kasih, dan memiliki empati tak terbatas yang lemah dan tertindas.Dia mendesak pengikutnya untuk mempromosikan baik, tetapi membiarkan orang peperangan mereka sendiri ketika mereka dapat, memberikan penyembuhan, informasi, atau perlindungan yang aman sementara daripada berjuang bersama orang-orang yang bisa memperjuangkan diri mereka sendiri.Prioritas sendiri bahamut terbesar adalah perang tak berujung dengan Tiamat adiknya. Dia menentang semua skema nya, menjawab mereka bergerak untuk bergerak. Dia nilai-nilai kearifan, pengetahuan, nubuat, dan lagu. Untuk naga, ia tidak sia-sia atau keserakahan.
 


Artikel Terkait: