Tips Mengatasi Kurang Tidur

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKlvuf8eE3Xx-V_3Du4_Lieupntq-ul4L30tkX0lfSMFUQQey5GvoUwx3Co-QbmYfgf_P6dB36AOdKXf57aygvAQHDPZkPa4BjtPSLr3im19_1SVNIeF_ZFnEW2YS8aO5-9xU-Dq1oD4eN/s1600/aneh_84.jpg

Mungkin sebagian dari anda sering mengalami KURANG TIDUR, entah itu disebabkan oleh banyaknya pekerjaan, begadang nonton bola, begadang nonton film, gak bisa tidur, kerjan malam, DOTa atau apapun itu. Hal tersebut tentu dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas anda pada esok harinya. Jika anda mengalami KURANG TIDUR, berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasinya :


1. Sibukkan Diri Anda Sebelum Makan Siang.
Biasakanlah aktif bekerja di pagi hari. Mengapa? Karena kortisol(suatu hormon yang dapat memaksimalkan konsentrasi dan pikiran anda) pada saat itu masih banyak dan mencapai titik puncaknya pada siang hari hari.

2. Hindarilah Makan Makanan Manis.
Sebenarnya rasa lemas yang dikarenakan kurang tidur dapat diatasi dengan memakan makanan manis, seperti cokelat, permen , dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan makanan manis dapat dengan cepat mendongkrak kadar gula darah, tapi hal itu tidak berlangsung lama! Badan anda pasti kembali lemas. Menurut D. Richard Bogan, menyarankan agar memakan 5-6 kali makan makanan sehat dalam porsi kecil daripada memakan makanan manis.

3. Kurangi Mengkonsumsi Kopi.
Kafein dari secangkir kopi memang seperti magic yang dapat membuat mata anda "ON" dan mengembalikkan konsentrasi. Akan tetapi jika anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein, Anda akan berubah menjadi ‘pecicilan’ dan serasa sperti dikejar-kejar rasa cemas.

4. “Tidur - Tidur Ayam (Tidur Sebentar).
Jika anda memang kurang tidur, cobalah tidur sejenak saat jam istirahat. Cari tempat yang tepat untuk istirahat! Bisa di mushalla (setelah shalat dulu pastinya), di meja karja, ataupun tempat lainnya yang bisa dipakai untuk tidur sejenak. Jika tidur sejenak ini tidak bisa dilakukan, disarankan untuk menghirup udara segar atau sikatlah gigi anda dengan pasta gigi rasa mint yang segar.

Selamat Mencoba

Artikel Terkait: