Sepanjang   tahun 2010, popularitas Facebook dan Twitter bak di atas angin.   Sebaliknya, MySpace, Friendster, dan Bebo, perlahan-lahan memudar di   jagat jejaring sosial. Apa kabar jejaring sosial di tahun 2011?
  
Ada   yang mengatakan Facebook batal IPO meski valuasinya sudah mencapai   Rp450 triliun, MySpace dijual, hingga Twitter yang mulai membosankan.   Namun, bicara soal layanan mirip Twitter, nampaknya tahun ini tetap akan   menjadi tren di jejaring sosial.
Pertanyaanya, mengapa Twitter diprediksi akan jadi membosankan?
Pertanyaanya, mengapa Twitter diprediksi akan jadi membosankan?
Layanan   mikroblog itu memang tetap meluncurkan sejumlah fitur-fitur baru ke   depannya, diikuti dengan turunnya eksekutif senior atau regenerasi.   Baru-baru ini, Twitter juga mendapat suntikan dana untuk membangun   platform iklan dan desain ulang.
Namun,   Twitter diprediksi akan fokus pada platform iklan dan meluncurkan   fitur-fitur untuk mendukung bisnisnya semata. Inilah yang ditakutkan   akan membuat perkembangannya lamban. Setahun ke depan, Twitter akan   menjadi salah satu layanan media sosial paling membosankan. Tapi, baru   sebatas ramalan.
Untuk  saat ini, Twitter masih boleh tenang. Tapi, beberapa saat lagi Twitter  kedatangan "teman" baru: Quora.  Berbeda dengan Twitter, tapi bisa  dibilang ia menyempurnakan apa yang  dipunyai Twitter. Ia muncul untuk  menjadi bursa pengetahuan online  dunia.
 
Semacam Wiki? Ada yang  menyebut demikian. Tidak sepenuhnya salah, karena di dalam websitenya  Quora memang  mengatakan akan menampung segala pertanyaan, jawaban, dan  hasil  suntingan yang dibuat oleh penggunanya. Intinya, Quora diharapkan  dapat  menjawab tiap pertanyaan seseorang dari berbagai sumber yang   terpercaya. Mengumpulkan pengetahuan? Ya.
Quora  diramalkan akan  'meledak' di tahun ini. Karena fungsinya kurang lebih  sama dengan  Twitter, di mana penggunalah yang menghasilkan konten (user generated content),  maka Quora akan  memanfaatkan momen tersebut untuk menjungkalkan  Twitter. Terlebih  lagi, situs mikroblog itu diprediksi akan terseok-seok  tahun ini.

Situs   tanya jawab sosial Quora asal Silicon Valley bisa saja menjadi   primadona baru tahun ini. Sayangnya, Quora yang diluncurkan Juni 2010   lalu masih belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat umum. Namun,   kami yakin mereka akan memulainya tahun ini, memanfaatkan momentum   Twitter dan siap lepas landas.
Quora bisa  merepresentasikan tren  teknologi yang lebih besar, yang mana dapat  memenuhi sebagian besar  kriteria kebutuhan rata-rata pengguna media  sosial. Jika di Twitter,  Anda bisa mengikuti seseorang, di Quora Anda  juga bisa mengikuti topik  dan pertanyaan selain orang. Artinya, Anda  bisa mengikuti hal apa saja  yang Anda suka, tidak sebatas figur atau  orang saja.
Kemampuan   eksplorasi keinginan penggunanya ini yang bisa membuat Quora kuat.   Adiktif, dan besar kemungkinannya ia mengulang kesuksesan Twitter di   tahun 2007, di mana semua orang mulai mendaftar dan menggunakannya   secara masif. 
sumber : http://www.dikutip.com/2011/01/facebook-dan-twitter-waspada-jejaring.html 
Artikel Terkait: